Gaya Terapi Pijat dan Manfaat Kesehatan

Pijat telah dipraktekkan selama ribuan tahun. Hari ini, jika Anda membutuhkan atau menginginkan pijatan, Anda dapat memilih dari sekitar 80 gaya terapi pijatan dengan berbagai macam tekanan, gerakan, dan teknik. Ini semua termasuk menekan, menggosok, atau memanipulasi otot dan jaringan lunak lainnya dengan tangan dan jari. Kadang-kadang, bahkan lengan bawah, siku, atau kaki digunakan.

Menurut Asosiasi Terapi Pijat Amerika, hingga 25 persen orang dewasa Amerika melakukan pijat setidaknya sekali selama 2016-2017. Dan, mereka memiliki berbagai alasan untuk melakukannya. Semakin banyak orang – terutama baby boomer – mengenali manfaat kesehatan dari pijatan. Mereka memilih di antara banyak gaya pijatan untuk mendapatkan bantuan dari gejala atau untuk menyembuhkan cedera, untuk membantu dengan kondisi kesehatan tertentu, dan untuk mempromosikan kesehatan secara keseluruhan.

Berikut adalah informasi yang dapat Anda gunakan untuk membantu Anda memutuskan jenis pijat apa yang paling cocok untuk Anda.

Gaya Pijat Mana Yang Terbaik?

Anda mungkin telah memperhatikan bahwa gaya pijatan yang berbeda populer di waktu yang berbeda. Dan Anda mungkin bertanya-tanya apakah masing-masing hanya bagian dari tren yang lewat atau teknik pijat terhebat yang terbaru? Yang lebih penting adalah bagaimana Anda bisa tahu apakah gaya terbaru benar-benar akan membantu Anda?

Gaya yang digunakan dalam terapi pijat berkisar dari stroke panjang dan halus hingga stroke pendek perkusi. Beberapa terapis pijat menggunakan minyak dan lotion; yang lain tidak. Sebagian besar terapis pijat memiliki klien yang tidak berpakaian untuk dipijat, tetapi beberapa tidak. Pijat dapat berlangsung dari 5 menit hingga 2 jam.

Sebelum Anda dapat memutuskan gaya pijat mana yang terbaik untuk Anda, Anda perlu bertanya pada diri sendiri. Apakah Anda hanya menginginkan pijatan untuk relaksasi dan mengendalikan stres? Atau apakah Anda memerlukan bantuan gejala atau bantuan untuk kondisi kesehatan tertentu? Sebelum memesan pijat, beri tahu terapis apa yang Anda cari dan tanyakan gaya apa yang digunakan terapis. Banyak yang menggunakan lebih dari satu gaya. Atau terapis dapat menyesuaikan pijatan Anda, tergantung pada usia, kondisi, atau kebutuhan atau tujuan khusus yang Anda miliki.

Berikut ini adalah daftar dari beberapa gaya terapi pijat yang lebih populer. Empat yang pertama sangat populer.

Pijat Swedia
Jenis pijat yang paling umum adalah terapi pijat Swedia. Ini melibatkan guratan-guratan yang lembut, panjang, diuleni, serta guratan-guratan yang ringan, berirama, ketukan, pada lapisan otot paling atas. Ini juga dikombinasikan dengan pergerakan sendi. Dengan menghilangkan ketegangan otot, terapi Swedia bisa menjadi rileks dan memberi energi. Dan itu bahkan dapat membantu setelah cedera.

Empat pukulan pijat Swedia yang umum adalah:

  • Effleurage: stroke halus dan meluncur yang digunakan untuk mengendurkan jaringan lunak
  • Petrissage: squeezing, rolling, atau kneading yang mengikuti effleurage
  • Gesekan: gerakan dalam dan melingkar yang menyebabkan lapisan jaringan saling bergesekan, membantu meningkatkan aliran darah dan memecah jaringan parut
  • Tapotement: keran pendek bergantian yang dilakukan dengan tangan, jari, atau ujung tangan yang ditangkupkan

Pijat Jaringan Dalam
Pijat jaringan dalam adalah yang terbaik untuk memberikan perhatian pada “titik-titik masalah” yang menyakitkan dan kaku di tubuh Anda. Terapis pijat menggunakan gerakan lambat dan disengaja yang memfokuskan tekanan pada lapisan otot, tendon, atau jaringan lain yang jauh di bawah kulit Anda . Meskipun kurang berirama dibandingkan dengan jenis pijatan lainnya, pijatan pada jaringan dalam bisa menjadi terapi – menghilangkan pola ketegangan kronis dan membantu cedera otot, seperti keseleo.

Pijat Olahraga
Dikembangkan untuk membantu dengan sistem otot yang digunakan untuk olahraga tertentu, pijatan olahraga menggunakan berbagai pendekatan untuk membantu atlet dalam latihan – sebelum, selama, atau setelah acara olahraga. Anda mungkin menggunakannya untuk meningkatkan fleksibilitas dan membantu mencegah cedera. Atau, itu dapat membantu ketegangan otot, membantu penyembuhan setelah cedera olahraga .

Pijat Kursi
Pernah anda pergi ke festival musik atau konferensi dan iri orang lain mendapatkan kursi pijat? Lewati bagian kursi pijat di bandara? Atau, mungkin Anda cukup beruntung untuk bekerja di perusahaan yang menawarkan pijat 15 hingga 20 menit sebagai manfaat reguler. Di tempat, pijat kursi dilakukan saat Anda duduk dengan pakaian lengkap di kursi portabel yang dirancang khusus. Mereka biasanya melibatkan pijatan pada leher, bahu, punggung, lengan, dan tangan Anda.

Pijat Shiatsu
Dalam bahasa Jepang, shiatsu berarti “tekanan jari.” Untuk pijat shiatsu, terapis menggunakan tekanan ritmis yang bervariasi pada titik-titik tubuh tertentu. Titik-titik ini disebut titik akupresur , dan mereka diyakini penting untuk aliran energi vital tubuh, yang disebut chi. Para pendukung mengatakan pijat shiatsu dapat membantu meringankan penyumbatan pada titik-titik akupresur ini.

Apa Manfaat Kesehatan dari Pijat?

Banyak jenis pijatan menawarkan manfaat di luar relaksasi sederhana. Berikut adalah beberapa masalah kesehatan yang mungkin mendapat manfaat dari pijat. Tanyakan kepada dokter Anda sebelum menggunakan pijat untuk kondisi kesehatan apa pun.

Nyeri punggung . Lebih dari satu penelitian telah menunjukkan efektivitas terapi pijat untuk sakit punggung .
Sakit kepala . Jenis lain dari rasa sakit – sakit kepala – juga merespon terapi pijat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa terapi pijat dapat mengurangi jumlah migrain yang dimiliki seseorang dan juga meningkatkan kualitas tidur .
Osteoartritis . Dalam uji klinis pertama yang melihat keefektifan pijatan Swedia untuk osteoartritis lutut , peserta yang menerima pijatan satu jam, baik satu atau dua kali seminggu mengalami peningkatan dalam rasa sakit, kekakuan, dan fungsi. Kelompok kontrol tidak memiliki perubahan seperti itu.
Kanker . Digunakan sebagai pelengkap tradisional, pengobatan Barat, pijat dapat meningkatkan relaksasi dan mengurangi gejala kanker atau efek samping dari perawatan. Ini dapat membantu mengurangi rasa sakit, bengkak, kelelahan , mual , atau depresi , misalnya, atau meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh Anda. Namun, ada area khusus yang harus dihindari oleh terapis pijat pada pasien kanker, serta saat-saat ketika pijat harus dihindari sama sekali. Bicaralah dengan dokter Anda sebelum mendapatkan terapi pijat jika Anda menderita kanker.
Depresi. Sebuah ulasan dari 17 uji klinis menemukan bahwa terapi pijat dapat membantu mengurangi depresi. Tetapi untuk gangguan kecemasan umum, itu tidak lebih efektif daripada menyediakan lingkungan yang menenangkan dan latihan pernapasan dalam

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat